Skip to content

SAP Indonesia Membantu UKM Dengan Produk SAP Business One

Nama SAP mungkin sudah tidak asing lagi di Indonesia khususnya dunia bisnis, sejak SAP Indonesia beroperasi. Tetapi apa itu SAP? dan mengapa SAP begitu terkenal dan banyak digunakan oleh pebisnis di Indonesia dan di seluruh dunia? Terlebih lagi sejak SAP Indonesia memperkenalkan produk SAP Business One.

  • Apa itu SAP?

    SAP adalah perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). SAP ERP dikembangkan oleh SAP AG yang merupakan perusahaan Jerman dan perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa dan juga salah satu yang terbesar didunia, khususnya di dunia aplikasi (software) ERP (Enterprise Resource Planning).

    SAP merupakan singkatan dari Systeme, Andwendungen, Produkte in der Datenverarbeitung , atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris akan menjadi Systems, Applications and Products in data processing.

    SAP adalah singkatan dari System Application and Processing, adalah perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). SAP ERP dikembangkan oleh SAP AG yang merupakan perusahaan Jerman dan perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa dan juga salah satu yang terbesar didunia, khususnya di dunia aplikasi (software) ERP (Enterprise Resource Planning).

    ERP (Enterprise Resource Planning) adalah nama sistem integrasi yang dibuat oleh perusahaan untuk mendukung kegiatan operasional bisnis perusahaan sehari-hari dengan mengintegrasikan semua bagian/department dari perusahaan supaya dapat bekerja sama secara effektif untuk mencapai objektif atau target perusahaan.

    Berdasarkan data April 2020, jumlah perusahaan yang menggunakan beragam product SAP di seluruh dunia berjumlah 440,000 perusahaan di 180 negara. Update terakhir bisa didapat di https://www.sap.com/corporate/en/company.html

  • Kapan SAP Indonesia beroperasi?

    SAP Indonesia mulai dikenal di indonesia sejak tahun 1997 ditandai dengan perusahaan Automotive yang menggunakan SAP ERP. Sejak itu nama product SAP sangat dikenal dalam industi Manufaktur dan Distribusi di Indonesia. Pada tahun 1999, SAP ERP juga memasuki industri Ritel di Indonesia.

    Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro mengatakan, SAP memiliki sekitar 5000 solusi perangkat lunak yang disiapkan untuk membantu perusahaan melakukan transformasi digital. Di Indonesia sendiri, pada umumnya perusahaan mengadopsi solusi ERP sebagai tahap awal untuk melakukan transfromasi ke sektor yang lebih canggih.

    “Sebanyak 80 persen perusahaan di Indonesia sudah mengadopsi solusi SAP. Macam-macam solusi yang diadopsi. Tetapi pada umumnya mereka mengadopsi solusi ERP, sebagai tahap awal, untuk melangkah ke solusi yang lebih canggih lagi,” kata Andreas di Jakarta, Kamis

    Menurut Andreas, terdapat 5 sektor utama perusahaan di Indonesia yang mengadopsi solusi SAP, yaitu sektor

    • profesional services sebesar 13 persen
    • customer services 11 persen
    • Wholesale services 10 persen
    • sektor furniture 7 persen
    • serta sektor retail 6 persen
  • Solusi SAP Indonesia untuk UMKM

    Pada awalnya pengguna sistem SAP Indonesia dan global, hanya perusahaan-perusahaan besar dan konglomerasi atau umumnya disebut Enterprise. Dengan melihat kepada jumlah perusahaan kecil menengah yang lebih besar dibandingkan dengan perusahaan besar. SAP Indonesia kemudian menargetkan pasar ini dengan produk ERP yang diberi nama SAP Business One.

    SAP Business One mulai diperkenalkan SAP Indonesia sekitar 2005, namum baru 3 tahun setelah itu baru mulai banyak dikenal oleh para pebisnis kecil dan menengah Indonesia. Pengguna product SAP Business One berdasarkan data resmi dari situs SAP per 29 Mei 2018 di seluruh dunia sudah melebihi 60,000 perusahaan. Berikut penjelasan resmi dari SAP Global https://news.sap.com/2018/05/sap-business-one-surpasses-60000th-customer-milestone/

  • Apa itu SAP Business One?

    SAP Business One adalah perangkat lunak manajemen bisnis (ERP) yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah (SAP SE). Sebagai solusi SAP, ini bertujuan untuk mengotomatisasi fungsi bisnis utama di Keuangan, Penjualan & Peluang Usaha, Pembelian & Rantai Pasokan, Perencanaan Produksi & Pengendalian Persediaan, Manajemen Proyek, dan Analisis & Intelijen Bisnis.

  • Apa fungsi SAP Business One?

    • Financial Management Mengotomasi tugas akuntansi dan melakukan aktivitas perbankan dengan satu solusi ERP. Menyatukan operasi keuangan dengan proses bisnis lain untuk mempercepat transaksi dan memperbaiki arus kas.
    • Sales and Customer Management Mengelola keseluruhan proses penjualan dan status pelanggan secara efisien. Dapatkan pandangan terpadu tentang prospek dan pelanggan Anda sehingga Anda dapat lebih memahami dan memenuhi kebutuhan mereka.
    • Purchasing and Inventory Control Akses wawasan akurat tentang pengiriman masuk dan keluar, tingkat persediaan, dan lokasi item. Jalankan update real-time, penilaian, ketersediaan, dan laporan dampak harga.
    • Produksi mengelola formula barang jadi, menghitung kebutuhan bahan baku, menghitung biaya produksi secara mendetail untuk setiap barang, sehingga anda dapat mengetahui harga pokok suatu barang jadi dengan akurat.
  • Apa keuntungan perusahaan Indonesia menggunakan SAP Business One?

    Dengan SAP Business One, semua proses bisnis dalam suatu perusahaan saling terkoneksi, dan berada dalam satu sistem dan satu data yang berkesinambungan. Dengan demikian perusahaan akan mendapatkan.

    • Data yang konsisten, terintegrasi dari satu department dengan department lain.
    • Sistem Operational dan Procedure sebagian besar akan berjalan secara sistem.
    • Meningkatkan fungsi monitoring dan kontrol, karena data secara real-time sudah tersedia.
    • Mengurangi human error.
    • Mengurangi biaya karena dapat menganalisa kebutuhan dengan lebih baik.
    • Dengan data yang akurat dan cepat, perusahaan bisa melakukan response terhadap pasar atau pelanggan dengan lebih cepat.
    • Dengan data yang tersedia, waktu untuk rekonsiliasi menjadi singkat, dan akan lebih bermanfaat untuk menganalisa data yang sudah tersedia.
  • Siapa Pengguna SAP di Indonesia?

    Berikut adalah sebagian kecil dari contoh pengguna dari SAP Indonesia yang menggunakan Produk SAP Business One

    • Industri Ritel – PT. Planet Selancar Mandiri / Planet Surf, berikut adalah video testimoni
    • Industri Manufaktur – PT. Eagle Indo Pharma / Cap Lang, berikut adalah video testimoni
    • Industri Manufaktur – PT Bando Indonesia, berikut adalah video testimoni

Untuk pengguna SAP Business One di Indonesia lainnya yang paling update silahkan di https://www.sterling-team.com/clients/

Demikianlah informasi mengenai SAP Indonesia dan Produk SAP Business One untuk UMKM lengkap beserta manfaatnya bagi perushaan anda.

Informasi lebih detail mengenai produk SAP Business One silahkan di https://www.sterling-team.com/sap-business-one/


Cara Mengatur Perusahaan Dengan SAP Business One

Published inERPERP IndonesiaSAP Indonesia

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.